Obrolan Puan dan Arjuna

Suatu malam sang Puan bertanya pada Arjuna, “Mengapa di langit ada rembulan dan bintang?” Arjuna menatap sepasang bola mata berbinar di wajah ayu yang tak dapat ia sentuh. “Karena tuhan tahu, sendirian di dalam kegelapan sangatlah menyedihkan.” Jawabnya tenang seraya gurat senyum tergurat di wajahnya.

Lalu sang puan kembali bertanya kembali dengan lugunya, “Apakah Tuhan benar-benar ada di langit ?” sambil mngernyitkan dahi dan menatap penuh tanya ke Arjuna.

Arjuna terkekeh melihat raut wajah sang puan, “Tuhan itu ada dan nyata, mestinya kau paham. Bukankah hal itu sudah kau pelajari sejak duduk di bangku sekolah dasar?” Jawab Arjuna.

Sang Puan pun tersenyum tipis, sembari bernostalgia ke masa lampau dengan menopang dagu di tangannya, lalu ia teringat kata Bu Ida guru Agamanya dulu, yg memberitahu bahwa Tuhan itu ada di Arsy, tapi Puan baru merasa menyesal, belum sempat menanyakan Arsy itu dimana keberadaannya. Lalu iyapun menatap ke arah Arjuna yg masih mengulum senyum sambil menikmati galaksi malam. “Tuhan itu di Arsy kata guruku dulu, dan aku belum sempat menanyakan apa itu arsy dan dimana keberadaannya, apakah kamu tahu apa dan dimana Arsy itu?” Tanya Puan.

“Keingintahuanmu patut ku sanjung Puan, namun malam semakin larut. Ada kantuk yang harus bertemu tidur, ada lelah yang harus segera direbahkan. Istirahatlah, matamu sudah cekung seperti bulan sabit, besok akan ku jawab pertanyaanmu.” Jawab Arjuna mengakhiri obrolan singkat malam ini. Sang puan mengangguk pelan, mengiyakan perkataan Arjuna.

Ada sesal tersirat di raut Puan, namun ia mencoba memahami Arjuna, sembari menarik nafas panjang “Sifat keingintahuanku akan terus bertambah selama teka-teki di kepalaku tentang dunia ini belum terpecahkan, aku berharap kamu mau membantuku,” Arjuna tersenyum, lalu meninggalkan Puan sendiri yg masih menatap punggung tegap Arjuna dan masih menanti jawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s